Khusus selama September, dengan ada pameran mobil terbesar mobil di
Indonsia (Asia Tenggara), penjualan mobil naik lagi hampir menyamai
Juli 2012, yaitu 102.111 unit.
Dengan pencapaian tersebut, wajar saja banyak pengamat otomotif
menilai, tahun depan Indonesia akan menjadi pasar mobil terbesar di
Asean. Apalagi, program “the first-time car-buyer scheme” di
Thailand pada berakhir di penghujung tahun ini yang bisa mendongkrak
penjualan mobil di negara tersebut sampai 500.000 unit.
Untuk mencapai satu juta unit pada tahun ini, dalam tiga terakhir 2021, harus bisa menjual 190.000 unit atau rata-rata 65.000 unit setiap bulannya.
Untuk mencapai satu juta unit pada tahun ini, dalam tiga terakhir 2021, harus bisa menjual 190.000 unit atau rata-rata 65.000 unit setiap bulannya.
City Car
Target itu bukan mustahil. Kembali berdasarkan data yang diperoleh KompasOtomotif, penjualan city car atau A-segmen, juga melonjak cepat, khusus pada September lalu dibanding bulan sebelumnya (Agustus 2012), mencapai 55 persen, ari 4.239 unit menjadi 6.573 unit.
Target itu bukan mustahil. Kembali berdasarkan data yang diperoleh KompasOtomotif, penjualan city car atau A-segmen, juga melonjak cepat, khusus pada September lalu dibanding bulan sebelumnya (Agustus 2012), mencapai 55 persen, ari 4.239 unit menjadi 6.573 unit.
Juga terjadi perubahan peta penguasaan pasar city car sejak
September lalu. Dua merek yang masuk pasark, yaitu Honda dan Mitsubishi
kini menguasai pasar mengalahkan pendahulunya, yaitu Nissan March, Kia
Picanto, Daihatsu Sirion dan lainnya.
Malah Brio telah menopang penjualan Honda di Indonesia dalam unit,
dengan kontribusi 38,8 persen dari total penjualannya selama September,
yaitu 7.820 unit, sekaligus menggeser Nissan #6 (5.304 unit).
Di segmen city car, komposisi penguasaan pasar pada September lalu
adalah Honda Brio 36,6 persen dan Mitsubishi denan Mirage 17,3 persen.
Dominasi MPV
Berdasarkan segmen, penjualan terbesar masih tetap MPV murah dengan total 241.601 unit atau 30,59 persen, diikuti oleh kendaraan komersial kecil (pikap, termasuk dobel kabin), MPV sedang-mewah, subkompak (B-segmen atau hatchback), SUV dan mobil kecil (city car atau A-segmen).
Berdasarkan segmen, penjualan terbesar masih tetap MPV murah dengan total 241.601 unit atau 30,59 persen, diikuti oleh kendaraan komersial kecil (pikap, termasuk dobel kabin), MPV sedang-mewah, subkompak (B-segmen atau hatchback), SUV dan mobil kecil (city car atau A-segmen).
Sumber data: Kompas.com,Anggota GAIKINDO
http://otomotif.kompas.com/read/2012/10/18/4844/2012.Penjualan.Mobil.di.Indonesia.Sudah.Mencapai.816.322.unit
http://otomotif.kompas.com/read/2012/10/18/4844/2012.Penjualan.Mobil.di.Indonesia.Sudah.Mencapai.816.322.unit
Posting Komentar